Rabu, 10 Oktober 2012

Program Jahat atau Virus


Worm
Worm adalah kelemahan pada komputer kita yang bisa membuat komputer kita terinfeksi virus tanpa sepengetahuan User, biasanya terjadi di jaringan. Worm berbahaya karena bisa menyalinan sendiri berulang-ulang, pada drive lokal, jaringan, email, atau Internet. Worm tidak menulari file atau memodifikasi file, tapi bisa membuat kerugian pada jaringan karena worm akan mengenai bandwith jaringan, jadi akibatnya speed Internet lambat.
Jenis worm yang paling umum itu adalah worm email, worm email tidak menulari file lainnya seperti virus tapi mereka membuat salinan dirinya berulang-ulang. Worm email melakukan ini melalui email, caranya mengirimkan diri ke alamat email yang ditemukan pada sistem pengguna yang terinfeksi. Email worm bisa menyebar secara global dalam beberapa saat dengan menggunakan taktik sederhana. Coba bayangkan kalau email seseorang yang terinfeksi dan punya dua puluh alamat email yang ditemukan pada sistem-nya. Maka worm akan mengirim salinan dirinya ke alamat itu. Jika salah satu email penerima terinfeksi, mereka juga tidak sadar akan menyebarkan salinan worm kepada teman-teman yang alamat emailnya ada di email mereka.
Tidak ada cara cepat dan mudah untuk memperbaiki masalah worm email. Tapi untuk mencegah worm e-mail ini kita buat lampiran email, menjaga sistemnya, mengamankan klien email nya, dan pastikan perangkat lunak antivirus nya selalu up to date dan mengaktifkan sistem firewall. Beberapa worm, seperti worm XSS, diciptain buat penelitian menentukan faktor-faktor bagaimana worm menyebar, seperti kegiatan sosial dan perubahan perilaku User.

Trojan Horse
Trojan Horse adalah program yang bisa membuat komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet. Trojan Horse sebenarnya itu suatu jenis/golongan virus, bukan nama suatu virus. Istilah Trojan Horse diambil dari legenda Yunani Kuno yaitu kisah Trojan War atau Perang Troya/Troy.
Virus Trojan adalah program yang terdiri dari 2 bagian yaitu: program yang dimasuki ke komputer korban dengan segala tipu daya, dan yang satunya program yang dijalankan komputer hacker.
Jika hacker berhasil memasuki program ke komputer korban, maka hacker bisa mengintai dan mengendalikan (me-remote) aktivitas komputer korban dari komputer hacker.
Virus Trojan sangat berbahaya bagi pengguna komputer yang tersambung jaringan komputer atau internet, karena bisa jadi hacker bisa mencuri data-data sensitif misalnya password email, internet banking, paypal, e-gold,kartu kredit dan lain-lain. Jika kita sering melakukan aktifitas keuangan online maka harus dipastikan bahwa komputer kita aman bebas dari virus.
Cara mencegah dan menghapus virus Trojan, pastikan kita memasang antivirus yang selalu ter-update, mengaktifkan Firewall baik bawaan dari Windows atau dari luar, dan juga mengurangi resiko komputer kita diintai atau dikendalikan dari komputer lain.
Selalu waspadalah jika komputer kita mengalami sesuatu kejanggalan, seandainya antivirus tidak mampu menanggulangi virus, format saja komputer dan install ulang sistem operasi dan sofware-sofwarenya. Hindari penggunaan sofware ilegal/bajakan karena sering tanpa kita sadari software itu dimasuki virus Trojan.

Virus
Virus komputer adalah program komputer  yang dibuat oleh seseorang dengan sengaja untuk merusak, merubah, atau menyebabkan masalah pada komputer atau software computer kitat. Virus bisa diatasi dengan menggunakan anti virus software asalkan virus tersebut telah diketahui jenisnya dan telah dibuat penangkalnya. Efek dari virus computer biasanya muncul pesan-pesan aneh yang bisa merusak komputer dan menghapus file atau dokumen kita.
Cara kerjanya biasanya ada didalam RAM dan menginfeksi semua file yang dibaca atau diakses komputer. Jenis virus komputer itu dibagi tiga, yaitu: tipe jinak, yang cuma nampilin pesan-pesan aneh sebatas gangguan pada tampilan data di layar komputer. Tipe ganas, menyerang media penyimpanan, dan menimbulkan atau menghapus data. Tipe mematikan, virus yang paling berbahaya, karena dapat menghancurkan seluruh data yang ada. Menyerang hard disk dan bios sehingga komputer bisa rusak parah.

Dikelompokan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dibagi dalam kategori sebagai berikut :
  • ·         Worm – Menyalin sendiri berulang-ulang  pada drive local jaringan email atau internet.
  • ·         Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • ·         Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Cuma, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. seperti game.
  • ·         Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • ·         Rogue - Merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas seperti antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.
  • ·         Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • ·         Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • ·         Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • ·         Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
Denial Of Service (DOS)
DOS (Denial of Service) adalah serangan terhadap sistem komputer yaitu dengan  mengacaukan fungsi normal dari sebuah sistem. Sehingga virus/hacker yang menyerang bisa masuk ke dalam sistem komputer tanpa melalui akses resmi sesuai prosedur. Umunya hacker melakukan serangan ini dengan cara menghancurkan atau memodifikasi data atau juga menyebabkan overloading pada sistem server jadi layanan pada user resmi, dicabut atau ditunda (Jadi DOS merupakan serangan yang membuat server tidak bisa melayani pengguna yang sesungguhnya).
Berikut adalah jenis-jenis serangan DoS berdasarkan cara melakukan serangan:
·         Mematikan Server: one shot, one kill untuk membuat server menjadi crash, hang, reboot.
·         Menyibukkan Server: mengirim banyak sekali request untuk membuat server sibuk.
·         Exploiting bug: mengirim banyak specially crafted request. Jumlah request tidak sebanyak jenis DoS yang menyibukkan server dengan normal request.
·         Normal request: mengirim banyak request normal seperti pengguna biasa. Diperlukan jumlah request yang lebih banyak dibandingkan jenis DoS yang menyibukkan server dengan exploit bug. Biasanya menggunakan botnet secara terdistribusi.
Jika kita melihat kejanggalan  pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi tetapi mengaku  sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar