Kolaborasi
antar-muka otomatif multimedia atau dalam bahasa inggris disebut Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C). Ketika kita definisikan kata-kata
di dalamnya, terdapat kata otomotif. Menurut wikipedia, otomotif adalah ilmu yang
mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin,
terutama mobil dan sepeda motor. Maka dapat disimpulkan bawa AMI-C berhubungan
dengan interface & multimedia dalam dunia transportasi.
Tujuan
Utama dari AMI-C sendiri adalah untuk menyediakan interface standar bagi
pengendara mobil dengan menggunakan media komputer. Saat ini kita dapat melihat
kebutuhan akan komputer tidak hanya pada Personal Computer maupun Laptop,
tetapi juga pada mobil seperti sistem navigasi (GPS), hands-free pada telepon
selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang berfungsi untuk komunikasi
jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
Dan, apa yang dimaksud
dengan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia?
AMI-C
adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menetapkan standarisasi yang
digunakan untuk mengatur bagaimana perangkat elektronik dapat bekerja seperti
komputer & alat komunikasi pada kendaraan, sehingga alat-alat elektronik
tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan kendaraan. Karena belum
tentu alat-alat elektronik tersebut sesuai (compatible) dengan setiap kendaraan
(mobil) oleh karena itu diperlukan standar agar perangkat elektronik tersebut
tidak mengganggu kerja sistem mobil.
Sejarah
AMI-C
The
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998
dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini yang
pendirinya Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota sampai sekarang
kelompok semua auto utama pembuat dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil. Untuk berbagai
alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi
mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk
antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia
Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di
belakang upaya standardisasi.
Yang
berbeda, The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi (AMI-C) mengumumkan di
seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade
Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA :
-
AMI-C 3023 Power Management
Specification
-
AMI-C 3013 Power Management Architecture
-
AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set
Power Management
-
AMI-C 3034 Power Management Test
Documents
-
AMI-C 4001 Revision Physical Specification.
Tujuan
Tujuan dari proyek ini
ialah sebagai berikut :
1.
Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
2.
Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
3.
Memotong biaya keseluruhan informasi
kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif
dan memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif terdiri dari
banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
4.
Menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan
dunia luar.
Referensi
:
[1] K
William, Brian. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer
dan Komunikasi, Yogyakarta : Andi Offset, 2007.
[2] Tim Koordinasi Telematika Indonesia. “Kerangka Teknologi Informasi Nasional”
, Jakarta, Februari 2001.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar